Sabtu, 06 Desember 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM 2013



Disusun oleh :

Anggih Eko Prasetiyo             (7101412248)










PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2014



RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
 

                                Satuan Dasar              :      SMA
                                Mata Pelajaran           :      Ekonomi
                                Kelas / Semester         :      XI / Genap
                                Materi Pembelajaran   :      Struktur Dasar Akuntansi
                                Alokasi Waktu            :      1 x 10 menit
 


1.1  KOMPETENSI INTI
1.1.1        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.2        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
1.1.3        Memahami, menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
1.1.4        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

1.2  KOMPETENSI DASAR
1.2.1        Menafsirkan persamaan akuntansi

1.3  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1        Mendeskripsikan persamaan akuntansi
1.3.2        Memahami pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi

1.4  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.4.1        Mendeskripsikan pengertian persamaan akuntansi
1.4.2        Memahami pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi

1.5  MATERI PEMBELAJARAN
1.5.1        Pengertian Persamaan Akuntansi
Persamaan akuntansi adalah hubungan antara unsur-unsur harta, utang dan modal dalam satu posisi keuangan perusahaan. Persamaan akuntansi merupakan persamaan dimana aktiva (harta) sama dengan pasiva (utang dan modal). Dalam praktiknya sistem akuntansi yang digunakan adalah sistem berpasangan, dimana setiap pencatatan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan selalu mempengaruhi dua bagian atau lebih, sehingga menghasilkan keseimbangan yang merupakan ciri dari akuntansi berpasangan. Bentuk keseimbangan tersebut disajikan ke dalam persamaan dasar akuntansi.
1.5.2        Bentuk-Bentuk Persamaan Akuntansi
Hubungan antara harta, utang, dan modal dinyatakan dalam bentuk persamaan akuntansi dan dirumuskan sebagai berikut.


HARTA = UTANG + MODAL
 


Harta sering disebut sebagai aktiva, sedangkan utang dan modal adalah pasiva, jadi aktiva = pasiva. Harta perusahaan yang digunakan sebagai sumber pembelanjaan dalam kegiatan usaha dapat diperoleh melalui dua sumber, yaitu dari pemilik dan kreditor. Dari pemilik disebut modal, sedangkan dari kreditor disebut utang. 
Dari persamaan tersebut dapat dikembangkan menjadi : 
UTANG = AKTIVA - MODAL 
MODAL = AKTIVA - UTANG



1.5.3        Pengaruh Transaksi terhadap Persamaan Akuntansi
Setiap transaksi yang dilakukan perusahaan akan mempengaruhi persamaan akuntansi dalam jumlah yang sama di sisi kanan maupun kiri.
Berikut adalah beberapa contoh transaksi-transaksi yang terjadi pada perusahaan.
a.       Transaksi yang Mempengaruhi Harta
      Pembelian perlengkapan kantor secara tunai seharga Rp 250.000,00.
      Pengaruh transaksi sebagai berikut.
      Perlengkapan kantor bertambah Rp 250.000,00.
      Kas berkurang Rp 250.000,00.

b.      Transaksi yang Mempengaruhi Harta dan Utang
      Dibeli peralatan kantor secara kredit seharga Rp 1.200.000,00.
      Pengaruh transaksi sebagai berikut.
      Peralatan kantor bertambah  Rp 1.200.000,00.
      Utang bertambah Rp 1.200.000,00.

c.       Transaksi yang Mempengaruhi Harta dan Modal
      Diterima tunai hasil pekerjaan Rp 500.000,00.
      Pengaruh transaksi sebagai berikut.
      Harta bertambah Rp 500.000,00.
      Modal bertambah Rp 500.000,00.






“Mengapa menjadi orang biasa, jika ada kesempatan menjadi orang sukses?”
~ Bertolt Brecht ~

1.6  METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan                             : Scientific Approach
Strategi                                    : Pembelajaran Koperatif
                   Metode Pembelajaran            : Ceramah dan Diskusi.

1.7  KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan pertemuan  ke-1
Deskripsi.
Alokasi Waktu
Pendahuluan
a.      Membuka pelajaran dengan mengucap salam dan memusatkan perhatian peserta didik.
b.      Ketua kelas memimpin do’a.
c.      Memeriksa kehadiran peserta didik.
2 Menit
Inti
a.    Guru menyampaikan materi tentang pengertian persamaan akuntansi, bentuk-bentuk persamaan akuntansi, dan pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi.
b.    Guru memberikan selembar kertas berisi transaksi perusahaan jasa dan kemudian guru membimbing siswa dalam menulis pengaruh transaksi terhadap persamaan akuntansi.
c.    Guru membentuk kelompok kecil 2-3 siswa.
d.   Setiap kelompok diberi tugas untuk berdiskusi membuat contoh-contoh transaksi keuangan perusahaan jasa yang berpengaruh terhadap persamaan akuntansi.
e.    Memberi penghargaan kepada kelompok yang berhasil menyelesaikan tugas diskusi tercepat dan benar.
f.     Bertanya kepada siswa apakah ada materi yang kurang jelas sebelum menutup pembelajaran.
6 Menit
Penutup
a.   Guru menyampaikan materi minggu depan dan meminta siswa untuk mempelajarinya.
b.   Guru memberi kata motivasi kepada peserta didik.
c.   Ketua kelas memimpin Do’a.
d.  Menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
2 Menit
1.8  ALAT DAN SUMBER
Alat      :
1.      Papan Tulis, Spidol.
Sumber            :
1.        Buku Ajar
2.        LKS kelas XI semester genap

1.9  PENILAIAN PROSES HASIL BELAJAR
1.9.1    Non tes
Keaktifan berdiskusi dalam kelompok



Semarang,  12 November 2014
Guru Mata Pelajaran,


Anggih Eko Prasetiyo
7101412248






Lampiran.

TUGAS DISKUSI
Nama / NIM    : 1. ........................................................../...............................
                          2. ........................................................../...............................
                          3. ........................................................../...............................
Prodi               :  .............................................................................................

Buatlah kelompok kecil yang terdiri dari 2-3 siswa!
Jadikan diri Anda seolah-olah telah mendirikan suatu perusahaan!
Buatlah transaksi perusahaan jasa yang mempengaruhi transaksi-transaksi dibawah ini!
Kumpulkan kepada Guru!

1.      Transaksi yang  Mempengaruhi Harta
Transaksi : ..........................................................................................
Pengaruh transaksi sebagai berikut.
............................................................................................................
............................................................................................................

2.      Transaksi yang  Mempengaruhi Harta dan Utang
Transaksi : ..........................................................................................
Pengaruh transaksi sebagai berikut.
............................................................................................................
............................................................................................................

3.      Transaksi yang  Mempengaruhi Harta dan Modal
Transaksi : ..........................................................................................
Pengaruh transaksi sebagai berikut.
............................................................................................................
............................................................................................................
Selamat Mengerjakan, Semoga Sukses!!!

0 komentar:

Posting Komentar